Upgrade openSUSE 15.4 ke 15.5

Bismillah,

Pada beberapa tulisan yang telah saya tulis, ada sebagian pembahasan mengenai tutorial upgrade openSUSE. Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis secara ringkas tentang pengalaman saya pribadi ketika upgrade openSUSE.

Jika dibandingkan dengan tutorial upgrade sebelumnya, pada kali ini cara yang digunakan sangat sederhana dan mudah, saya mengikuti cara tersebut di link ini. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya.

  1. Jika ada kemungkinan gagal ada baiknya anda backup data – data yang diperlukan.
  2. Cek repo di /etc/zypp/repos.d pastikan menggunakan variabel $releasever, atau jika menginginkan cara praktisnya bisa dicek melalui Yast Software Repositories.
  3. Update sistem ke latest package untuk memutakhirkan software terbaru dengan mengetik sudo zypper up melalui terminal atau juga bisa menggunakan software manager.
  4. Setelah update selesai lakukan reboot
  5. Masuk ke mode terminal dan login sebagai root, kemudian ketik zypper --releasever=15.5 refresh untuk merefresh repositori dengan menggunanakan repositori openSUSE 15.5
  6. Lakukan upgrade dengan mengetik zypper --releasever=15.5 dup.
  7. Setelah selesai upgrade, lakukan reboot. Jika tidak ada kendala selama proses upgrade, maka berarti proses upgrade berhasil. Berikut screenshoot openSUSE terbaru di notebook saya setelah diupgrade.

Komentar